MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH (STUDI PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI MTS RAUDHATUL JANNAH PALANGKA RAYA) Oleh Andriansyah
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fiqih melalui Model Problem Based Learning pada peserta didik Kelas IX MTs Raudhatul Jannah Palangka Raya Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas IX tahun pelajaran 2020/2021 sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan untuk subjek pelaku tindakan adalah guru Fiqih kelas IXA selaku guru, teman sejawat selaku subjek yang melakukan observasi proses pembelajaran, Kepala Madrasah selaku subjek sumber data. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IXA MTs Raudhatul Jannah pada mata pelajaran Fiqih pada tahun 2020/2021. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar Fiqih peserta didik mengalami peningkatan yaitu, sebelum tindakan rata-rata sebesar 61, pada siklus I rata-rata sebesar 74, pada siklus II rata-rata sebesar 84. Selain itu, presentase ketuntasan belajar siswa yaitu, sebelum tindakan sebesar 27%, pada siklus I sebesar 73%, dan pada siklus II sebesar 100%.
Penulis
Andriansyah
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
MTs Raudhatul Jannah Palangka Raya Sabet Juara Pencak Silat
Palangka Raya (Humas) - Delapan Siswa putra dan putri MTs Raudhatul Jannah berpartisipasi dalam Kejuaraan Pencak Silat POPKOT Tingkat Pelajar Kota Palangka Raya dalam rangka menya
MODEL COOPERATIVE SCRIPT LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH (STUDI PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI MTS RAUDHATUL JANNAH PALANGKA RAYA) Oleh Andriansyah
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fiqih melalui Model Cooperative Script Learning pada peserta didik Kelas VIII MTs Raudhatul Jannah Palangka Raya Tahun Pelajara
Vaksinasi Covid 19 di MTs Raudhatul Jannah Palangka Raya
Palangka Raya (Humas) - Upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 adalah dengan menghimbau masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan 5M dan melakukan vaksinasi.
Raudhatul Jannah Gelar Wisuda Tahfidz ke 3
Sebanyak 42 orang hafidz dan hafidzah penghapal Al Qur’an mengikuti prosesi wisuda tahfidz ke-3 tahun pelajaran 2020/2021 yang digelar Pondok Pesantren Raudhatul Jannah Palangka R
Radja Umumkan Kelulusan Siswa Lewat Website Resmi
Palangka Raya (Humas) - Waktu berjalan terasa begitu cepat, selama 3 tahun siswa-siswi menuntut ilmu di MTs Raudhatul Jannah. Meski dengan kondisi pandemi selama 2 tahun terakhir bahkan
PENGUMUMAN JADWAL UJIAN MADRASAH MTs RAUDHATUL JANNAH KELAS IX
Assalamualaikum wr.wb.Peserta didik tingkat MTs kelas IX (sembilan) Tahun Pelajaran 2020/2021 akan mengikuti Ujian Madrasah secara online, mulai besok SENIN tanggal 29 Maret 2021 sampai
Tim Penilaian Kinerja Kepala Madrasah mengunjungi MTs Raudhatul Jannah
Palangka Raya. Kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) tahun 2021 di MTs Raudhatul Jannah Oleh Tim penilai dari pengawas Kemenag Kota Palangka Raya beranggotakan dua orang yai
MTs. Radja Pelajari SKP dan SI-EKA
Palangka Raya (Humas) - MTs Raudhatul Jannah Palangka Raya menyelenggarakan kegiatan Bimtek Pembuatan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dan Sistem Informasi Elektronik Kinerja ASN (SI-EKA).
Kemenag Akan Ganjar Santri Berprestasi Dengan PBSB
Palangka Raya (Humas) - Sungguh istimewa menjadi santri yang berprestasi, pasalnya akan dipermudah untuk masuk ke perguruan tinggi dan diganjar dengan beasiswa. Kepala MA. Raudhatul Jan
MTs Raudhatul Jannah Adakan Ujian Madrasah (UM)
Palangka Raya. Penilaian hasil belajar merupakan salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan di madrasah. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan data/inform